Penyebab Berat Badan Naik Drastis

Apa anda sudah tahu, jika kita melakukan hal hal di bawah ini bisa memicu berat badan kita menjadi naik? Coba baca satu persatu supaya bisa menghindarinya.

1.  Kurang tidur.
​Seseorang yang sering terjaga ketika tidur malam atau sering mengalami kesulitan tidur, biasanya memanfaatkan waktu saat terbangun dengan mengemil, sehingga tidur dan kegemukan memiliki hubungan yang erat. Ketika Waktu malam yang terjaga terkadang membawa keinginan kita untuk menghabiskan waktu dengan mengemil dimalam hari sehingga berakibat pada tidak terkendalinya atau tidak terkontrol asupan kalori yang masuk dalam tubuh, hal ini disebabkan karena adanya reaksi dari hormon yang memicu nafsu makan anda keluar, namun tidak dapat membuat perut merasa kenyang.

2. Makan tanpa jadwal yang teratur.
Walaupun sering di abaikan, makan di jam yang teratur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu makan yang teratur, maka ada waktu-waktu di mana Anda akan merasa sangat lapar. Akibatnya, Anda akan makan sesuka hati tanpa terkendali.
Selain itu, penelitian membuktikan orang-orang yang memiliki waktu makan teratur cenderung merasa kurang lapar sebelum makan dan akan merasa lebih kenyang setelah makan. Sebaliknya, orang yang jadwal makannya berantakan akan sering merasa lebih lapar dan makan lebih banyak.
Hal ini juga akan mengacaukan jam internal tubuh yang seharusnya memiliki proses yang teratur seperti nafsu makan dan metabolisme serta pencernaan makanan. Akibatnya, orang-orang yang tidak memiliki waktu makan teratur berisiko tinggi memiliki penyakit kronis seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, resistensi insulin dan kontrol gula darah yang buruk. 

3. Obat-obatan.
Obat antidepresan merupakan salah satu jenis obat yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, ditambah jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Ada pula jenis obat lain yang harus diwaspadai seperti obat hipertensi, obat sakit kepala, diabetes dan macam obat lainnya. Karena obat-obat tersebut sering kali berdampak buruk pada kenaikan berat badan.

4. Teknologi dan Gaya hidup.
Gaya hidup dengan segala kemudahan seperti akses internet ke hampir segala tempat dapat membuat orang lebih lama duduk di depan layar dibandingkan sebelumnya. Kebiasaan duduk dalam waktu lama ini kerap dipadukan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan ringan berkalori tinggi sehingga menyebabkan pertambahan berat badan.

5.  Hipotiroidisme.
Kondisi yang diakibatkan kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di leher tidak menghasilkan hormon cukup. Hasilnya, rambut menipis, kulit mengering, dan merasa sering kedinginan. Produksi hormon tiroid yang kurang juga dapat menyebabkan lelah, sembelit, dan bahkan depresi. Tes darah sederhana dapat memastikan tingkat hormon rendah. Penanganannya dengan pemberian hormon buatan.

Baca juga : Cara menurunkan Berat Badan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...