PENYEBAB SAKIT GIGI

Apa selama ini anda pernah melihat orang sakit gigi? bahkan mungkin anda sendiri pernah mengalaminya? tapi apa anda sudah tahu penyebabnya? info di bawah mungkin berguna.

1.  Gigi Yang Berlubang.

​Gigi berlubang disebabkan oleh adanya plak yang menjadi tempat berkembang biak bakteri. Bakteri ini akan menghasilkan asam, hasil dari fermentasinya dengan karbohidrat dan proses ini dapat merusak email gigi serta menyebabkan gigi kita berlubang.

Cara untuk mengatasinya, gosok gigi secara teratur dua kali sehari selama dua menit dan sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung gula diantara jam makan.

2.   Mulut Yang Kering.

Mulut kering atau tanpa air liur bisa menyebabkan gigi kita berisiko besar mengalami pembusukan. Kurangnya air liur akan menyebabkan gula yang menempel pada gigi tidak sempurna pembersihanya, sehingga menyebabkan bakteri di gigi.

3.   Kebersihan mulut (Oral Higiene).

​Seperti yang kita diketahui bahwa salah satu komponen dalam pembentukan karies di gigi adalah plak. Sudah dicoba membandingkan insidens karies gigi selama 2 tahun pada beberapa mahasiswa yang menyikat giginya secara teratur setiap habis makan dengan mahasiswa yang menyikat giginya pada waktu bangun tidur dan malam pada waktu sebelum tidur, ternyata bahwa golongan mahasiswa yang menyikat giginya secara teratur rata-rata 41% lebih sedikit kariesnya dibandingkan dengan golongan lainnya.

4.   Pembengkakan gusi.

Bakteri yang sudah terkumpul disela-sela gusi dan gigi dapat menyebabkan iritasi gusi sehingga mengakibatkan gusi mengalamai infeksi dan meradang. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan gigi tanggal dan juga dapat berujung ke penyakit jantung, paru-paru dan diabetes.

Sebaiknya Hindari penggosokan gigi yang sangat kencang, karena bisa membuat gusi terluka atau sela-sela gusi dan gigi terbuka, sehingga makanan tidak akan masuk dan membuat gusi meradang..

5. Merokok.

Nicotine yang dihasilkan oleh tembakau dalam rokok dapat menekan aliran saliva, yang mengakibatkan aktivitas karies meningkat. Sehingga karies ditemukan lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan orang bukan perokok.

Baca Juga Cara menurunkan berat badan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...